Tuesday 13 January 2009

Tahukah anda..... aktifitas pertama reasuransi?


Tahukah anda, di tahun 1370 sudah terjadi transaksi reasuransi pertama.

Menurut catatan sejarah, tercatat pada tahun tersebut sudah terjadi kontrak Reasuransi (facultative) untuk kali pertama di dunia. Ketika itu, Tertanggung membeli polis asuransi pengangkutan (cargo) ke sebuah perusahaan asuransi di Italia (Pengasuh tidak berhasil mendapatkan nama perusahaan asuransi tsb - red). Polis ini memberikan pertanggungan atas pengiriman harta-benda yang akan dikirim dari kota Genoa (Genova) - Italia menuju Sluys di wilayah Flanders (sekarang di wilayah Belanda - Belgia).


Perusahaan asuransi tadi (sebut saja ITL) kemudian menyadari tingginya tingkat risiko yang akan dihadapi dalam perjalanan laut dari Genoa ke Sluys. ITL secara dasar memikirkan tingkat risiko yang akan dihadapi dan dilakukan pemilahan risiko, untuk selanjutnya membeli proteksi reasuransi secara individual (baca: facultative - red). Proteksi ini hanya untuk menjamin risiko ini dan hanya untuk menjamin sebagian risiko saja.

Risiko perjalanan laut dari Genoa sampai ke wilayah Cadiz di Spanyol, relatif masih dianggap aman (catat bahwa ini masih laut dangkal dan bukan merupakan open sea - red). ITL untuk itu masih berani mena
nggung sendiri risiko pengangkutan samapi wilayah ini.

Untuk perjalanan selanjutnya, dari Cadiz ke Sluys, yang harus melalui samudra terbuka (open sea) dan laut dalam, jelas mengandung risiko lebih tinggi, ITL membeli proteksi reasuransi (facultative) di atas.

Dari peristiwa di atas, tercatat bahwa Asuradur sudah menerapkan sebuah prinsip manajemen risiko dengan baik, dimana Asuradur sudah melakukan selection of risk dan menentukan degree of rizk / hazard.

Untuk risiko yang lebih baik (relatif aman), Asuradur berani (dan confident) untuk menanggung sendiri risiko tsb. Sedangkan untuk risiko yang lebih tinggi (hazardous) dan tidak terukur, Asuradur tidak berani untuk menanggungnya sendiri, ia mengalihkannya ke pihak lain (d
alam hal ini Reasuradur).

Prinsip ini terus berlaku hingga masa kini. Sebagai reminder, proses manajemen risiko merupakan dasar dari aktifitas industri asuransi dan reasuransi.

EHN

No comments:

Post a Comment